5/23/2018

Pengertian Internet of Things



Internet of Things belakangan ini sangat ramai menjadi perbincangan para pakar IT terkemuka didunia. Namun apa arti internet of things sebenarnya ?

Pengertian Internet of Things

Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang disusun untuk konektivitas internet agar dapat terhubung dengan benda yang ada disekeliling dan dapat bertukar informasi. Banyak yang memprediksikan bahwa internet of things kedepan akan menjadi "the next big thing" dalam dunia teknologi informasi. (Wikipedia Indonesia).

Apabila dilihat dari arti internet of things diatas cara kerjanya pun cukup sederhana yaitu dengan memanfaatkan bahasa pemrograman yang ada saat ini yang mana setiap perintah yang telah tersusun dapat berinteraksi dengan sesama mesin tanpa ada campur tangan manusia. Pada akhirnya internet yang memiliki peran penting untuk menghubungkan satu sama lain dan manusia hanya berperan sebagai pengatur dan pengawas.

Sebagai tantangan terbesar dalam internet of things adalah dalam menyusun jaringan komunikasi , yang mana jaringan begitu kompleks dan membutuhkan sistem keamanan yang tepat. Maka IoT pun dibagi dalam beberapa sektor.

1. Sektor Pembangunan
2. Sektor Energi
3. Sektor Rumah Tangga
4. Sektor Kesehatan
5. Sektor Industri
6. Sektor Transportasi
7. Sektor Perdagangan
8. Sektor Keamanan
9. Sektor Teknologi dan Jaringan

Setiap sektor memiliki peran sendiri, sehingga internet of things dapat diemplemetasikan dengan baik.

Kesimpulan
Internet of Things dapat dikatakan bagaimana suatu objek yang nyata di dunia ini digambarkan di dunia maya (Internet) seperti mengimplementasikan kode batang dalam industri, kode QR pada smartphone dan RFID (Radio Frequensi Identifity).

Demikian tentang arti internet of things semoga ulasan ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Informasi lebih lanjut dapat anda baca di: Wikipedia Internet of Things


EmoticonEmoticon