5/23/2018

Peluang dan Tantangan Internet of Things Bidang Kesehatan



Internet of Things memiliki aplikasi yang besar di mana IOT sangat menguntungkan dalam bidang kesehatan dan industri peralatan medis. Dengan perangkat IOT diperkirakan akan mencapai 25 miliar pada tahun hingga 2020, itu hampir dijamin bahwa sejumlah besar dari sensor ini akan tertanam dalam peralatan medis. Manfaat apa yang terhubung sensor membawa ke industri medis, dan masih kekhawatiran ditangani?

Baca: Pengertian Internet of Things

Peluang Internet of Things Bidang Kesehatan

Potensi Internet of Things untuk Meningkatkan Kesehatan

Menurut Digi-Key Electronics , distributor di seluruh dunia sensor IOT kunci dan teknologi, peluang tersebut dapat ditemukan di sejumlah daerah dan sangat bermanfaat diantaranya:


  1. Dinamis mengumpulkan data pasien dari sensor jarak jauh dapat membantu dalam perawatan pencegahan dengan mendeteksi tanda-tanda peringatan dini dari masalah kesehatan.
  2. Sensor ini sama bisa digunakan dalam situasi perawatan jangka panjang, dan terutama dalam perawatan pasca-operasi.
  3. Jenis sinyal bahwa sensor dapat mendeteksi hampir tak terbatas. kadar oksigen, denyut nadi, tingkat insulin, tekanan darah, suhu, dan bahkan saldo kimia hanya beberapa contoh.
  4. IOT pompa obat yang efektif obat memadai dosis, tanpa risiko overdosis atau dosis yang terlewatkan yang hadir ketika obat diberikan secara manual.
  5. Dengan sensor yang dirancang dengan baik dan alat monitoring, masukan pasien dapat disimpan ke minimum. Ini berarti bahwa ada sedikit ruang untuk kesalahan, tetapi juga sedikit pembelajaran yang dibutuhkan oleh pasien. Ini menawarkan kenyamanan yang sangat bermanfaat untuk orang tua dan orang cacat.


Tantangan Internet of Things untuk Produsen Alat Kesehatan

Meskipun ada jutaan perangkat medis IOT digunakan saat ini, ada banyak kesempatan untuk perbaikan. Sebelum perangkat berteknologi tinggi ini benar-benar dapat menjadi standar untuk rawat inap dan rawat, peluang ini harus dipenuhi, dan semua masalah harus diatasi.

Tidak ada standar di seluruh dunia untuk konektivitas nirkabel untuk IOT terhubung perangkat medis. FDA telah mengajukan beberapa rekomendasi yang kuat, termasuk protokol nirkabel untuk menggunakan, dan apa yang harus dipertimbangkan ketika datang ke gangguan dan kehilangan data. Namun, standar global yang kuat diperlukan untuk diadopsi secara luas dan implementasi.

Keamanan masih menjadi perhatian utama untuk perangkat IOT. Awal tahun ini, terungkap bahwa yang paling populer IOT pompa medis di Amerika Serikat yang rentan terhadap hacking, dan bahkan dapat dikendalikan dari sumber jarak jauh.

Manfaat bagi Sistem Kesehatan

Meskipun pasien akan selalu menjadi prioritas dalam pengobatan, ada cara lain bahwa Internet of Things akan membantu meningkatkan sistem kesehatan. Perangkat yang terhubung akan menguntungkan bahkan perangkat yang tidak diperlukan untuk mengumpulkan data.

Sensor elektronik dapat dibangun untuk peralatan penting dan dapat digunakan untuk mengumpulkan statistik penggunaan, dan bahkan melacak dan pemeliharaan jadwal. Dengan semua data yang datang ke lokasi pusat, itu bisa meningkatkan efisiensi rumah sakit dan klinik, yang pada gilirannya dapat mengurangi biaya operasional. Ketukan jelas pada efek adalah bahwa pasien akan menerima perawatan yang lebih baik dari peralatan yang dipelihara untuk standar yang lebih tinggi .

Ada mungkin industri lain yang bisa mendapatkan keuntungan banyak dari IOT selain kesehatan. peralatan medis terhubung akan membebaskan sumber daya yang sangat dibutuhkan di klinik, mengurangi stres dan biaya bagi mereka yang menjalani perawatan, dan akan meningkatkan pelayanan di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Dengan adanya IOT dapat membantu untuk menjamin pembangunan yang terus dan keamanan yang baik di tempat untuk IOT medis.

Jika desainer peralatan dan produsen dapat mengatasi tantangan keamanan dan standar kunci, ada sedikit keraguan bahwa perangkat IOT akan menjadi norma dalam dekade berikutnya, dan akan berada di tepi terkemuka inovasi antara Internet yang lebih luas Hal. Medis IOT merekrut akan menjadi kebutuhan mutlak jika kita ingin menjaga daerah IOT kedokteran bergerak maju.

Sumber: http://www.digikey.com/en/articles/techzone/2014/jul/the-role-of-sensors-in-iot-medical-and-healthcare-applications

1 comments so far

Sanagat berwawasan gan..
jangan lupa mampir lagi gan..
http://www.faktamitos.com/


EmoticonEmoticon